Contoh Model Bisnis Perusahaan dan Penjelasan
TOKOPEDIA
Marketplace Tokopedia adalah platform yang menjadi perantara penjual dan pembeli sekaligus untuk melakukan penjualan dengan fasilitas pembayaran. Bisa dibilang Tokopedia adalah supermarket yang penjual kiosnya adalah klien tokopedia dan pembeli yang melakukan transaksi di tokopedia juga sekaligus adalah klien tokopedia juga.
Sejarah Tokopedia
Sebelum hadirnya marketplace Tokopedia, segala transaksi online pada umumnya mengandalkan kepercayaan saja melalui kesepakatan bersama antara penjual dan pembeli. Kesepakatan ini bisa dalam dua bentuk yang sama-sama memiliki resiko yang besar.
Bentuk pertama adalah pembeli melakukan pembayaran baik itu DP dengan nominal tertentu ataupun pembayaran penuh sebelum barang dikirimkan ke pembeli. Kesepakatan ini bersifat resiko sepihak yaitu kepada pembeli yang takut akan barangnya tidak dikirim, atau penjualnya tiba-tiba menghilang begitu saja.
Bentuk Kedua adalah bentuk sebaliknya yaitu dimana produk akan dikirimkan terlebih dahulu dan pembayaran akan dilakukan secara penuh oleh pembeli setelah produk diterima. Hal ini memerlukan kepercayaan yang tinggi bagi penjual dikarenakan produk yang telah dikirim bisa saja tidak dibayarkan oleh pembeli.
Solusi sebelum hadirnya tokopedia pada saat itu adalah dengan menggunakan rekening bersama atau rekber. Rekber adalah pihak ketiga sebagai perantara dimana pembayaran akan dilakukan penuh namun dititipkan kepada rekber, kemudian produk akan dikirimkan oleh penjual namun uang belum diterima oleh penjual, uang tersebut akan ditahan oleh rekber hingga produk tersebut diterima oleh pembeli dan menyatakan bahwa produk telah diterima, hanya dengan karena itu uang akan dikirimkan kepada penjual. Rekber akan mendapatkan komisi baik dari pembeli maupun penjual.
Kelemahan rekber adalah baik penjual dan pembeli harus memiliki kepercayaan terhadap pihak ketiga yaitu rekber itu sendiri. Penjual dan pembeli sama-sama takut akan ketidak jelasan rekber yang dapat melarikan uang tersebut. Kelemahan inilah yang menjadi cikal bakal munculnya tokopedia.
Proses Bisnis Tokopedia
Dalam membesarkan usahanya, Tokopedia menggunakan sistem model bisnis yang lumayan jarang digunakan. Model bisnis tokopedia adalah consumer to consumer (C2C). Klien dari tokopedia adalah penjual dan pembeli sekaligus, Penjual yang mendagangkan produknya di tokopedia adalah klien dari tokopedia, sementara pembeli yang melakukan transaksi pembelian di tokopedia juga adalah klien dari tokopedia juga.
Teknik Marketing Tokopedia
Suksesnya sebuah perusahaan, termasuk Tokopedia tidak lepas dari strategi marketingnya. Strategi marketing akan dirancang sebagus mungkin untuk membawa valuasi perusahaan tersebut berkembang.
Visi Misi Tokopedia
Visi Tokopedia
Membangun Indonesia yang Lebih Baik Lewat Internet
Misi Tokopedia
Untuk terus berusaha memberikan kesempatan kepada setiap individu di Indonesia untuk memulai bisnis dengan mudah dan gratis di Tokopedia.
Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia
Kelebihan
- Penampilan yang simpel namun mudah untuk dijelajahi.
- Gratis dan tidak berbayar.
- Kecepatan Situs yang Ringan.
- Fitur Pre-Order untuk para Importir.
- Pembayaran cepat hingga instant.
- Keamanan tinggi karena menggunakan OTP.
- Memiliki blog khusus berbagai informasi untuk para penjual.
Kekurangan
- Terlalu sering maintenance (untuk saat ini).
- Terkadang mengalami error baik dari situs maupun aplikasi.
- Kompetisi perang harga yang terlalu ketat.
- Tidak ada fitur blacklist
- Pengelolaan stok tidak maksimal, pemotongan stok tidak berkurang untuk pembeli yang sedang menunggu pembayaran.
Komentar
Posting Komentar